American Red Cross 'PMI Amerika' Dituding Rasis

adsense 336x280
Swim-american-red-cross-follow-the-rules
Poster Dituding Rasis / Sumber : twitter @JSawyer330 
ReportaseOnline ~ Poster di atas yang jadi masalah bagi segenap pengguna media sosial, terutama oleh pengguna twitter bernama John Sawyer dengan alamat akun @JSawyer330.

Poster bertuliskan "Be Cool, Follow The Rules" itu menggambarkan tentang peraturan bermain di kolam renang. Tujuannya untuk mengajak kebaikan oleh American Red Cross atau PMI-nya Amerika.

American Red Cross menggambarkan situasi antara "Be Cool" dan " Not Cool." Yah, kira-kira sikap dan tindakan "Keren" dan "Tidak Keren" saat mandi dan bermain di kolam renang.

Kebetulan dalam poster menggambarkan, anak-anak kulit putih mandi dan berenang tidak nakal dan terlihat keren, sementara pembandingnya anak-anak kulit hitam berlarian di tepi kolam serta melompat, dan ada juga gambaran anak kulit hitam mendorong/ menceburkan temannya yang kulit putih ke dalam kolam, tindakan atau aksi anak kulit hitam dilabeli "tidak keren."

Pesan moral yang ingin disampaikan oleh American Red Cross dalam poster ini sebenarnya adalah "Ikuti Aturan" dan jangan melakukan tindakan yang bisa membahayakan teman saat di kolam renang. Tindakan membahayakan dimaksud diberi label, "Not cool" atau "Tidak keren."

Melihat kenyataan demikian, John Sawyer mengupload poster tersebut melalui akun twitternya seraya menandai akun American Red Cross, John Sawyer menyatakan bahwa gambar dalam poster tersebut "Super Rasis."

Hingga hari ini, (28/6) cuitan John Sawyer di retweet oleh pengguna lain sebanyak 491 dan mendapat tanggapan beragam oleh pengguna lainnya, dan seketika menjadi viral. Seperti caption di bawah ini komentar Netizen menanggapi poster american red cross tersebut.
Comment-poster-american-red-cross
Tanggapan Netizen di Twitter 
Menanggapi komentar- komentar 'pedas' Netizen atas rasis yang diinisiasi oleh American Red Cross tersebut ditanggapi langsung melalui akun twitter juga. Organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan tersebut menyampaikan permintaan maafnya atas poster yang telah menyinggung itu. Padahal bukan rasis maksudnya, membela diri. Dan, american red cross pun telah menghapus poster tersebut dari situsnya.
Menurut beberapa situs berita luar negri, poster tersebut merupakan kampanye aman berenang yang dipromosikan pada tahun 2014. Namun, hari ini 'memanas' di media sosial.

Palang Merah mengeluarkan pernyataan pada hari Senin, (27/7) melalui beberapa media online. American Red Cross meminta maaf terkait poster yang dituding rasis tersebut, dan mengatakan bahwa, "American Red Cross benar-benar tidak berniat untuk menyinggung siapa pun." (AW: Dihimpun dari berbagai sumber)
adsense 336x280