Kemenag dan Diknas Jalin Kerjasama Sukseskan Pentas Pais

adsense 336x280
Peserta-pentas-pais-dari-payakumbuh

Payakumbuh, ReportaseOnline-- Pentas Pendidikan Agama Islam (Pais) Tingkat Provinsi bakal digelar tanggal 25 s/d 27 Juli 2017 pekan depan. 

Hal tersebut terungkap saat Sri Yusnita, Kasi Pais Kankemenag Payakumbuh membuka rapat koordinasi persiapan pemberangkatan 30 kontingen utusan Payakumbuh berlaga di tingkat provinsi nantinya. 

“Dulu, Payakumbuh pernah raih Juara umum. Untuk itu mari pertahankan juara." Ajak Yusnita pada Kepala Dinas yang diwakili Kabid PNFI Tavril Samry, Kasubbag TU, Pengawas Sekolah Umum, dan 14 kepala sekolah yang anaknya diutus sebagai atlit dalam Pentas Pais ini.

Berhubung keterbatasan fasilitas dan alat transportasi selama mengikuti event di kota Padang, Yusnita meminta bantuan kepada Kepala Dinas Pendidikan.

"Karena keterbatasan fasilitas dan sarana siswa selama berkompetisi, kami mohon bantuan kepada Kepala Dinas Pendidikan, agar lancarnya kegiatan ini dengan baik,” Kata Sri Yusnita.

Mendengar keluhan dan gambaran dana dari Kasi Pais Kemenag, Kabid PNFI Tavril Samry merasa prihatin. Dan, mengusahakan mencari jalan keluarnya.

“Kita akan bantu dari dana Diknas termasuk dari sekolah yang anaknya ikut sebagai utusan Payakumbuh. Kita harus berkolaborasi, ndak ado kayu janjang dikapiang (diupayakan-red), karena di Padang otomatis kita butuh dana. Kita atasi bersama, termasuk masalah transportasi, akomodasi dan uang saku serta penghargaan nanti terhadap atlit yang juara. Juara Umum hendaknya kita bawa lagi ke Payakumbuh, ” Dukung Kabid PNFI.

Kepala kankemenag yang diwakili, Mustafa Kasubbag TU, mengungapkan rasa terima kasih, setelah mendengar dukungan Diknas antusias sukseskan event yang rencananya, akan dibuka secara resmi oleh Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat di Mesjid Nurul Iman Kota Padang. 

“Terima kasih Pak Kadiknas. Secara umum kita sangat jauh ketinggalan dengan Diknas, bandingannya Seksi dengan Kadiknas. Seksi Kami di Kemenag berada dibawah Sub Bagian sementara Diknas langsung otonom. Walau basalimuik kain sarung (kekurang), kami sangat apresiasi sekali dukungan Dinas Pendidikan. Tanpa kebersamaan, kita tidak akan solid, karena kita saling berkaitan dalam rangka memajukan prestasi Payakumbuh dalam segala iven dan programnya,” sambut Mustafa.

Dalam kalender agenda pertandingan, Pentas Pais Tahun 2017 ini direncanakan akan mempertandingkan lomba MTQ, Hafidz, CC, pidato, nasyid, kaligrafi dan debat.(UL/AW)

adsense 336x280